Wednesday 14 October 2015

Gunung Andong Surga Bagi Pendaki Pemula

Gunung Andong surga bagi pendaki pemula, dengan ketinggian 1.726 Mdpl, terletak di Desa Giri Rejo, Magelang. Selain tidak terlalu tinggi, medannya juga tergolong mudah. Meskipun pendek, pesona alam 'si kecil' ini tak kalah dengan pesona alam gunung-gunung besar lain di Indonesia.
Gunung Andong memiliki kawasan hutan pinus yang indah serta lahan rerumputan yang hijau, membuat sorot mata ini sejuk memandangnya. Ditambah dengan kicauan burung-burung liar yang saling bersautan.
Gunung Andong memiliki 3 Pos, yaitu Pos 1 Gili Cino, Pos 2 Watu Wayang, dan Pos 3 di Puncak. Puncak Andong ada dua, yaitu 'Puncak Kuburan' dan yang satu lebih dikenal dengan 'Puncak Andong Peak' atau Puncak Alap-alap. Pendakian dapat dimulai dari Basecamp Taruna Jaya Giri di Desa Giri Rejo, Ngablak, Magelang. Dan memang ini adalah Basecamp yang terkenal dalam pendakian Gunung Andong. Waktu tempuh dari Basecamp hingga puncak rata-rata dapat dicapai selama 1,5 jam hingga 2 jam, itu bila tanpa istrahat.
Dari Basecamp menuju Pos 1 hanya memakan waktu selama 30 menit. Dari sini kita sudah bisa melihat indahnya pesona alam Gunung Andong. Dengan gagah Gunung Merbabu mengintip dari rimbunnya jajaran pohon pinus. Selanjutnya menuju Pos 2 dengan summit attack berupa tanah miring dan lumayan menanjak, bukan lagi seperti anak tangga.
Dari Pos 1 ke Pos 2 dapat ditempuh selama 45 menit. Bagi yang ingin menikmati segarnya mata air, dapat menemui sumber mata air sebelum Pos 2. Itu satu-satunya sumber mata air di sana. Jika melakukan pendakian pagi hari atau subuh, dari Pos 2 kita sudah bisa mendapatkan sunrise dan samudera awan, serta pesona Gunung Merbabu dan Merapi yang super sadis indahnya. Jika beruntung, kita dapat melihat Golden Sunrise.
Dari Pos 2 menuju puncak dapat ditempuh dengan waktu 20 menit. Dengan summit attack yang sudah lumayan ringan . Jika sudah sampai di persimpangan, akan terlihat bangunan seperti rumah di sisi kiri. Itulah Puncak Kuburan. Lalu disisi kanan terlihat jalan menanjak dan lurus, itulah jalan menuju Puncak Alap-alap dan Geger Sapi.
Dari puncak, kita bisa mendirikan tenda dan menikmati bonus dari perjuangan melawan ego kita. Dari puncaknya Anda bisa melihat puncak Gunung Merbabu, Merapi, Telomoyo, Ungaran, Sumbing, Sindoro, dan Prau. Tapi jika cuaca benar-benar cerah, tampak juga puncak Gunung Slamet.
Di malam hari kita bisa mendapatkan Milky way atau milyaran bintang bertaburan, disertai pemandangan lampu kota yang gemerlap. Banyak yang mengakui bahwa pesona Gunung Andong ini sangat luar biasa indahnya.
Di Geger Sapi kita bisa mendapatkan satu batu di tebing dan itulah spot utamanya. Namun hati-hati, sekali teledor akan berakibat fatal. Utamakan keselamatan jika tak yakin untuk duduk di batu tebing ini. Bagi yang ingin menikmati Gunung Andong, tentu bisa kapan saja datang. Tapi disarankan jangan datang pada weekend, karena gunung sudah berubah menjadi pasar kaget. Selamat mendaki.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan